Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 6 - Tutorial Cara Mengatur Widget Pada WordPress



Bagaimana Cara Mengatur Widget Pada WordPress? Sebelum telah lebih jauh dijelaskan mengenai cara membuat dan mengatur widget di wordpress. Tetapi dalam tutorial ini akan di jelaskan terlebih dulu pengertian dari widget pada wordpress. Karena mungkin saja ada teman-teman yang belum tau apa itu Widget.

Widget pada wordpress merupakan fitur yang terdapat di wordpress untuk memunculkan suatu fitur tambahan pada halaman website atau blog (tergantung template yang di gunakan) anda. Sebagai contoh nya seperti widget recent post yang apabila di aktifkan pada halaman blog maka akan memunculkan tab artikel atau postingan terbaru di blog anda. Bukan hanya widget recent post saja, ada banyak lagi plugin/widget lainnya yang bisa teman-teman coba sendiri untuk memaksimalkan website atau blog wordpress anda.


Cara Menggunakan Widget Pada Wordpress 


Langsung saja kita masuk ke penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan dan mengatur widget di wordpress, untuk dapat membuat atau memasang widget pada wordpress, pertama silahkan  teman-teman klik pada menu appearance -> widgets pada bagian menu kin halaman dashboard teman-teman.




lalu anda akan dialihkan ke halaman pengaturan widget pada wordpress. 

Disini akan saya contoh kan cara menambahkan ataupun memasang widget recent post pada sidebar di wordpress. Sama seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. 

Terlihat pada bagian sebelah kiri adalah beberapa widget yang tersedia dan siap untuk dipasang. Pada bagian sebelah kanan adalah lokasi-lokasi dari widget yang ingin ataupun dapat kita letakkan. Disini ada 4(empat) lokasi. Pertama di sidebar, kedua footerl, ketiga footer2 dan keempat footer 3. Tetapi saya akan menambahkan widget recent post pada lokasi bagian sidebar saja, karena saya bermaksud ingin menampilkan artikel ataupun postingan terbaru blog pada bagian sidebar blog saya. 

Maka caranya pun sangat mudah. Pertama teman-teman bisa klik pada pilihan widget yang ingin di tambahkan atau dapat langsung menyeret (klik & drag) widget ke lokasi yang dikehendaki.


Tampilan setelah di seret (klik & drag)


Setelah anda mengisi judul widget dan menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan, piih save.

Coba anda refresh blog wordpress anda, maka akan muncul widget postingan terakhir atau recent post
pada bagian slide bar.




Widget postingan terakhir atau recent post pun telah tampil.

Sekian Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 6 - Tutorial Cara Mengatur Widget Pada Wordpress. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Belajar Wordpress Untuk Pemula Part 6 - Tutorial Cara Mengatur Widget Pada WordPress"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Untuk Download Program Aplikasi Dan Tutorial Gratis