Belajar WordPress Untuk Pemula Part 1 - Tutorial Cara Installasi WordPress Offline di Localhost dengan Xampp


Bagaimana Cara Install WordPress Secara Offline Pada Localhost dengan Xampp? Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara install wordpress secara offline pada  localhost dengan menggunakan aplikasi webserver Xampp. Tutorial kali ini sangatlah cocok bagi teman-teman pelajari jika teman-teman ingin membuat webslte atau blog dengan wordpress secara offline.

Sekilas Tentang Pengenalan Instalasi WordPress di Locaihost

Localhost merupakan server local yang dapat kita pergunakan untuk melakukan pengembangan dalam bidang web, bagi teman-teman yang mungkin belum mengerti tentang bagaimana cara instalasi localhost dapat langsung membaca tutorial berikut ini.

Disini saya harapkan teman-teman sudah mengerti terlebih dahulu bagaimana cara install software xampp agar dapat membuat localhost. Karena pada tutorial ini kita memerlukan localhost sebagai tempat wordpress yang akan kita pasang atau install offline. Disini tidak dijelaskan lagi cara install xampp di localhost.

Sama seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Xampp berfungsi untuk membuat localhost atau server local di komputer kita. Sehingga kita tidak lagi memerlukan hosting dan domain untuk belajar pemrograman berbasis web karena kita dapat menggunakan serta membuatnya pada localhost sebelum melakukan peng-upload-an project web serta localhost ke hosting online. Untuk bagaimana cara atau tutorial upload web serta localhost ke dalam hosting online juga akan saya bahas ditutorial selanjutnya.

Baiklah teman-teman, sekarang kita langsung saja masuk ke inti dari pembahasan tutorial ini. tentang bagaimana cara install wordpress offline pada localhost.

Cara Install WordPress di Locaihost

Tahapan pertama kali yang kita harus lakukan untuk dapat membuat website dengan wordpress di localhost  adalah download terlebih dahulu wordpress nya dari situs resmi wordpress. Caranya adalah silahkan teman-teman membuka halaman website berikut ini https://wordpress.org/download/ untuk mendownload wordpress offline.


Hingga saat ini, wordpress telah mencapai versi 4.6.1. teman-teman dapat langsung mendownload wordpress. Setalah itu teman-teman extrak file tersebut ke folder localhost xampp. Dikarena saya menggunakan software xampp di windows 7 jadi saya mengekstrak di folder C:/xampp/localhost. Setelah proses ekstrak selesai teman-teman dapat dengan bebas mengubah nama dari project wordpress, namun yang penting di ingat. Pada contoh ini saya tidak mengubah nama projectnya, saya biarkan nama project dengan nama wordpress.


Jikalau teman-teman menggunakan Web server Wampp teman-teman dapat sesuaikan saja.

Kemudian tinggal jalankan atau aktifkan tombol apache dan mysqlnya dengan cara buka control panel pada xampp kemudian klik start pada tombol apache serta mysql.


Cara Membuat Database Pada WordPress Offline

Apabila teman-teman telah selesai mendownload wordpress offline dan mengaktifkan fitur apache{localhost) serta mysql(database). Hal selanjutnya adalah membuat basis data (database). berguna untuk menyimpan data dari wordpress offline kita.

mengakses localhost/phpmyadmin dengan browser anda.

Perhatikan pada gambar di atas, kita akan membuat database baru di wordpress, caranya adalah klik pada tab menu database, selanjutnya isikan nama dari database yang akan teman-teman buat. Pada contoh ini saya memberi nama database “db_wordpress”, selanjutnya klik tombol create. 

database -> isikan nama dari database -> klik tombol create

Berikutnya kita akan mengatur konfigurasi instalsi wordpress pada localhost.

Konfigurasi Pada WordPress

Langkah berikutnya untuk memasang wordpress pada localhost adalah dengan melakukan konfigurasi file config di wordpress. Hal bertujuan ntuk mengatur username(nama pengguna), password(kata sandi) serta nama dari database yang akan kita pakai untuk wordress nantinya. Letak file config database wordpress berada pada directory wordpress. Terdapat sebuah file dengan nama file wp-config-sample.php ubah nama file tersebut menjadi wp-config.php. Lihat gambar berikut.


Selanjutnya buka file wp-config.php tersebut, lalu anda dapat mengisikan username(nama pengguna), password(kata sandi) serta nama dari database teman-teman yang telah dibuat tadi. Database saya yang telah dibuat untuk wordpress inl adalah db_wordpress, maka saya isi dengan "db_wordpress". Berikutnya username mysql saya adalah root serta password saya kosongkan karena saya tidak menggunakan password pada mysql saya.

Setelah selesai silahkan simpan. Jika telah sampai di tahap ini maka kita tinggal melakukan instalasi wordpress. 

Cara Install WordPress Offline Pada Locaihost Dengan Xampp

Sampailah kita pada tahap akhir instalasi wordpress offline dengan xampp. Sekarang langsung saja kita buka browser dan mengakses ke wordpress yang ada pada locaihost kita. Localhost/wordpress (sesuaikan dengan nama folder hasil ekstrak wordpress yang sebelumnya telah didownload pada awal tutorial ini).


Maka akan muncul proses instalasi dari wordpress. Hal ini merupakan tahap paling awal instalasi wordpress. Pertama akan muncul halaman pemilihan bahasa, pada tahap ini saya memilih bahasa inggris. kemudian klik tombol continue.

Hal berikutnya akan muncul proses dari install wordpress yaitu memasukkan berbagai data blog yang akan teman-teman buat. Contohnya seperti memasukkan judul website/blog, memasukkan nama pengguna atau username serta password. Sama seperti gambar berikut ini.


Jika semua form telah diisi, klik tombol install wordpress untuk melanjutkan proses installasi.


Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa wordpress kita telah berhasil terpasang pada locaihost.

Login ke WordPress Oflline Pada Localhost

Saat ini kita akan akan mencoba masuk atau login pada webiste WordPress yang sudah kita buat sebelumnya. Isi form login sesuai dengan username dan password yang telah kita isikan pada saat tahap konfigurasi installasi wordpress. Cara login dapat dengan cara klik pada tombol login pada bagi atas atau juga dapat langsung mengakses di localhost/wordpressd/wp-admin.


Maka kita akan masuk ke dalam halaman Dashboard WordPress.


Sampai disini kita telah berhasil menginstall wordpress offline localhost dengan xampp.



Demikian Belajar WordPress Untuk Pemula Part 1 - Tutorial Cara Installasi WordPress Offline di Localhost dengan Xampp, namun tampilan pada wordpress kita masih terlihat standart, pada tutorial selanjutnya akan mempelajari megenai berbagai fungsi dalam dashboard WordPress untuk menjadikan tampilan website atau blog kita menjadi lebih menarik dan trestruktur. Contohnya menambahkan artikel, kategori, mengganti theme dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk share dan tinggalkan komentar, semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Belajar WordPress Untuk Pemula Part 1 - Tutorial Cara Installasi WordPress Offline di Localhost dengan Xampp"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Untuk Download Program Aplikasi Dan Tutorial Gratis