Belajar WordPress Untuk Pemula Part 3 - Tutorial Cara Membuat Kategori Postingan Pada WordPress



Bagaimana Cara Membuat Kategori Postingan Pada WordPress? hai semua teman-teman. Dalam kesempatan ini kita akan mempelajari mengenai tutorial wordpress bagi pemula. Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari cara menginstall wordpress di localhost lalu pada Tutorial Belajar WordPress Untuk Pemula Part 2 kemarin juga telah mempelajari mengenai cara menginstall ataupun mengganti template di wordpress dengan template gratisan yang telah banyak tersedia untuk dapat kita download.

Maka kesempatan pada tutorial wordrpess untuk pemula part 3 ini kita akan mempelajari mengenai cara membuat kategori bagi postingan artikel atau post di wordpress kita, dimana kita dapat membuat kategori baru pada wordpress sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain membuat kategori baru kita juga dapat mengedit nama kategori yang telah kita buat dan bahkan kita bisa menghapusnya jika kita rasa tidak dibutuhkan.

Apakah Kegunaan Dari Kategori di WordPress?

Kegunaan kategori pada postingan wordpress adalah untuk membuat pegelompokan artikel atau post. Sehingga dengan fasilitas ini kita dapat mengelompokkan artikel atau post di website/blog yang kita buat menjadi tersusun dengan rapi. Sebagai contoh seperti di blog ini, tutorial WordPress misalnya saya kelompokkan artikel ke dalam kategori WordPress.

Bagaimana Cara Membuat serta Mengatur Kategori pada WordPress

Untuk dapat membuat kategori pada wordpress terdapat 2 (dua) cara. Pertama dapat langung memilih add new category di sebelah kanan form posting pada wordpress. Kedua adalah dengan cara membuat kategori pada wordpress melalui tab menu category di wordpress. Saya pribadi merasa cara yang ke 2 (dua) ini lebih mudah dan efektif jika saya jelaskan terlebih dahulu kepada teman-teman. 

Tutorial Belajar WordPress Untuk Pemula Part 3 - Tutorial Cara Membuat Kategori Postingan Pada WordPress

Sekarang langsung saja kita praktekkan. Caranya pada menu sebelah kiri dashboard WordPress terdapat tab menu posts. pilihlah tab menu categories. lalu pilih posts -> categories.


Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman pengelolaan kategori pada WordPress.


Sama seperti yang terlihat pada gambar diatas terdapat form name, parent, slug, serta description. Pada sebelah kanan terdapat berbagai kategori yang telah terdapat pada blog wordpress atau yang telah kita buat sebelumnya. Pada contoh kali ini kategori masih kosong, hanya ada kategori uncategorized. uncategorized merupakan kategori default di wordpress dan tidak dapat kita hapus. Jadi saat kita membuat artikel atau postingan baru di wordpress tetapi belum atau tidak memilih kategori maka postingan atau artikel tersebut secara otomatis di set atau dilekatkan dengan category uncategorized. 

Oke, sekarang langsung saja isikan pada form kategori tersebut.

name = kita isi dengan nama kategori yang diinginkan.
slug = kita isi dengan url kategori. (dapat kita kosongkan bila tidak diperlukan)
parent = parent merupakan turunan dari kategori lain atau sub kategori. (dapat kita kosongkan bila tidak diperlukan)
description = kita isi dengan penjelasan mengenai kategori tersebut. (dapat kita kosongkan saja bila tidak perlu).

Setelah form tersebut selesai kita isi, klik tombol add new category. Pada contoh ini saya membuat kategori dengan nama kategori "tutorial".


Maka kita telah selesai membuat kategori baru, bila teman-teman ingin mengedit kategori dapat klik edit, bila ingin menghapus kategori dapat klik delete.

Sekian Belajar WordPress Untuk Pemula Part 3 - Tutorial Cara Membuat Kategori Postingan Pada WordPress, jangan lupa untuk membaca artikel tutorial WordPress Part Lainnya. Klik share dan koment bila artikel ini bermanfaat..

0 Response to "Belajar WordPress Untuk Pemula Part 3 - Tutorial Cara Membuat Kategori Postingan Pada WordPress"

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Untuk Download Program Aplikasi Dan Tutorial Gratis